Tuesday 15 October 2013

Kumpulan Marga Pakpak Menurut Suak dan Wilayah

Njuah Njuah , 

Kembali lagi dengan saya disini sang penulis di blog ini . seperti yang diceritakan dalam sebuah syair lagu pakpak yang berjudul Pakpak Silima Suak dipopulerkan oleh Mhangga Band pada tahun  , didalam syair telah dijelaskan bahwa pakpak terdapat Lima Suak , terbagi lima wilayah, yaitu: Suak Simsim, Suak Keppas, Suak Pegagan, Suak Kelasen, dan Suak Boang. Adapun marga-marha pakpak yang menetap dan berdomisili di stiap suak tersebut, yang mendiami 5 (lima) Kabupaten antara lain , Pakpak Bharat, Dairi, Humbang Hasundutan , Kotamadya Subulussalam dan Kabupaten Aceh Singkil. berikut marga -marga Pakpak yang telah kami rangkum , 

  1.  Pakpak Suak Pegagan.
    Marga Suku Pakpak yang menetap dan berdomisili di pegagan, antara lain: Marga Lingga, Marga Mataniari, Marga Maibang, Marga Manik Siketang, dan lain-lain. Secara administratif, Suak Keppas berada pada wilayah Kecamatan Sumbul, Pegagan Hilir, dan Kecamatan Tiga Lingga, Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera
  2.  Pakpak Suak Keppas.
    Marga Suku Pakpak yang menetap dan berdomisili di Keppas, antara lain: Marga Ujung, Marga Bintang, Marga Bako, Marga Angkat, Marga, Marga Gajah Manik, Marga Maha, dan lain-lain. Secara administratif, Suak Keppas berada pada wilayah Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara.
  3. Pakpak Suak Simsim. 
    Marga Suku Pakpak yang menetap dan memiliki hak ulayat di daerah Simsim, antara lain: Marga Berutu, Marga Sinamo, Marga Padang, Marga Solin, Marga Banurea, Marga Buang Menalu, Marga Cibro, Marga Sitakar, Marga Lembeng, dan lain-lain. Secara administratif, suak Simsim berada pada wilayah Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara.
  4.  Pakpak Suak Kelasen.
    Marga Suku Pakpak yang menetap dan berdomisili di Kelasen, antara lain: Marga Tumangger, Marga Siketang, Marga Tinambunan, Marga Anak Ampun, Marga Kesogihen, Marga Maharaja, Marga Meka, Marga Berasa, dan lain-lain. Secara administratif, Suak Kelasen berada pada wilayah Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara.
  5.  Pakpak Suak Boang.
    Marga Suku Pakpak yang menetap dan berdomisili di Keppas, antara lain: Marga Sambo, Marga Penarik, Marga Saraan, dan lain-lain. Secara administratif, Suak Boang beada pada wilayah Kabupaten Singkil, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Walaupun demikian, marga-marga tersebut juga sering kita temui dan berdomisili pada suak lainnya. Dengan kata lain, walaupun sudah terbagi dalam lima suak, marga-marga lainnya juga berhak untuk tinggal di suak lainnya. Namun pada intinya, marga-marga tersebut merupakan marga yang notabene tinggal pada wilayah itu.

0 komentar: