Sunday 27 October 2013

Visite Sicike Cike Lake


   Sidikalang Kabupaten dairi , mmiliki struktur tanah yang baik buat pertania disamping cuacanya yang cukup dingin membuat tanaman muda sangat cocok pada situasi cuaca tersebut. saya juga memank berasal dari sana , sehingga saya paham betul tentang iklim dan daerah disana . sidikalang sanagat dikenal dengan Kopi , dikarnaken semenjak jaman penjajahan Belanda , dairi sudah merupakan pengahsil Kopi . sidikalang juga memiliki tempat wisata terkenal Dunia , yakni : Taman Wisata Iman Sitinjo , yang memiliki luas area sekitar 20HA. namun wisata iman bukanlah suatu keajaiban alam kerna wisata iman dairi dibuat oleh tangan-tangan creativ kita Indonesia.namun belakangan ini saya mendengar Danau sicike-cike yang Merupakan salah satu tempat untuk Konsevasi Alam , hutannya masih murni dikarenakan daerah ini masih jarang dijamah oleh tangan-tangan/mafia perambah hutan yang saat ini sangat merugikan keindahan alam kita . beberapa keunikan Sicike-cike antara lain.

  1. Perbedaan Sicike-cike

Sicike-cike sangat unuk dengan tempat wisata lain, dimana sicike-cike memiliki 3 danau yang berdekata , letak Sicike-Cike juga terletak di atas Danau Toba yakni Tao Silalahi . jadi jelsa tempat ini merupakan danau dia atas Danau. sicike-cike juga memiliki Air Tejun yang sangat Indah merupakan Asal Air yang ada di Danau Toba, danau Sicike-cike juga merupakan taman Angrek, dikarenakan disana terdapat bermacam ragam Bunga Angrek , sehingga disebut pula Sicike-cike taman Anggrek, keindahan lainnya dalah Burung Belibis jumlahnya hanya 7(tujuh) hingga sekarang tidak pernah berkembang biak , menurut penuturan penduduk disana , tidak pernah mereka melihat burung Belibis bertambah dan berkurang semenjak mereka mengenal sicike-cike. menurut legenda , Danau Sicike cike merupakan tanah leluhur Sipitu Marga (tujuh Marga) merupakan penduduk asli Kabupaten Dairi Sidikalang, Angkat ,Ujung dan Bintang . sicike cike memiliki ungsur sejarah yang kental di sidikalng . sicike cike juga merupakan asal penduduk pertama kabupaten dair. 

   2. Kindahan Sicike Cike .

dapat dilihat dari Gambar Berikut ini. 








        Dari gambar diatas dapat kita simpulkan betapa indahnya danau Sicike-cike , mrupakan Panorama Alam yang sangat Indah . 

         3. Cerita Lain DIbalik Sicike-cike

    Lain Lubuk lain Pulalah ikannya , palsafah ini bukanlah asal di buat saja, namun memang dapt dibenarkan oleh penduduk setempat bahwa Sicike-cike bukanlah tempat yang mudah untuk dikunjungi , dikarenakan hutannya masih bersih maka menurut Penuturannya tempat ini sering mendatangkan hal-hal yang negatif , menurut cerita yang pernah saya tidak semua dapat menuju sicike-cike jika bukan merupakan keturunan Sipitu Marga . juga yangberkunjung kesana harus memiliki niat yang tulus dan berperilaku bersih dan sopan, kalau tidak mereka tidak akan sampai kesana . banyak yang telah gagal kesana . Sipitu Marga merupakan Fasword (kata kunci) Sicike cike menurut legendanya. namun apakah kita dapat kesana kalau bukan keturunan Si pitu Marga, tentu bisa, dikarenakan keturunan sipitu marga dapat menuntun anda kesana untuk melihat keindahannya. anda bisa kesana apabila mengikuti intruksi dari penuntun jalan menuju Sicike-cike.

        4. Akses Masuk Ke Sicike-cike

     Unutk menuju Sicike-cike tidaklah sulit, dikarenakan tempatnya sangat Strategis , dati Medan besekitar 4jam perjalanan Sidikalang, 2jam Perjalanan, dikarenakan sicike-cike berada didaerah Kecamatan Sumbul Pegagan. dan kini telah diadakan Tour Sicike-cike Like yang dinamakan (bintang travel Comunity) BTC . BTC dapat membantu anda untuk menuju Sicike-cike ,  namun untuk saat ini kami masih belum menyediakan tempat Inap disana , BTC mitra anda untuk bersantai di Sicike-cike , keterangan harga dapat dilihat di beranda Blog ini

   Demikian sekilas Sicike cike , semoga tempat dapat menjadi tempat liburan serta penelitian anda .




0 komentar: