Thursday 24 October 2013

Saya Suka Gaya Bupatiku


Pakpak bharat merupakan nama kabupaten yang mengatasnamakan kesukuan yakni PAKPAK. Pakpak Bharat terletak di datran tinggi sekitar 1jam perjalanan dari Kabupaten Dairi Sidikalang dan 2jam Perjalanan dari Kotamadya Subulussalam , yang belakangan ini lagi melaksanakan Pemilukada. Pakpak bharat beribukotakan Salak beriklim Dingin berimbang dengan Kabupaten Dairi dan Tanah Karo. Kabupaten Pakpak bharat sudah 10 tahun lamanya , dan telah dipinpin oleh 4 Bupati yakni :

  1. Tigor Solin (PJS)
  2. Muger Hery Berutu
  3. H. Makmur Berasa
  4. Remigo Yolanda Berutu
Tigor Solin Merupakan Bupati pertama dipakpak bharat dan merupakan salah satu pejuang untuk menjadikan pakpak bharat sebagai kabupaten dan beliau menjabat lebih kurang 2tahun lamanya , kemudian dipinpin oleh Muger Hery merupakan kakak kandung dari Remigo Yolanda Berutu , namun sangat disayangkan kepemimpinan Beliau hanya sesaat , dan dilanjutkan Oleh wakilnya Makmur Berasa hingga ahir Priode Pertama Pakpak bharat. pada Priode Kedua maka Pakpak Bharat dipimpin Oleh Remigo Yolanda Berutu sang Pencinta Musik dan gemar Bernyanyi dengan wakilnya Maju Padang . 

Dari beberapa Bupati diatas Remigo Yolanda Bupati Ke Empat ini ada kemiripan gaya kepimimpinannya dengan Pak Jokowi Gubernur DKI saat ini .namun disetiap kesamaan pasti banyak pula perbedaan , Remigo Yolanda Berutu adalah sosok pemimpin yang patut di contoh oleh pemimpin lain yang menduduki wilayah Pakpak agar Etnis Pakpak dapat berkembang lebih siknifikan lagi. Gaya kepemimpinan Bupati yang satu ini memang sangat Unik , disamping Optimis dalam pembangunan Pakpak , bliau juga gemar berkunjung ke daerah terpencil dan menerima Aspirasi Masyarakat secara tatap muka , serta beliau juga Ramah terhadap Masyarakat , baik kepada Orang Tua maupun Anak kecil sekalipun tanpa Membeda-bedakan. dengan Usia yang masih muda dibanding Bupati lain di Indonesia bukanlah berarti beliau keras dalam membangun pakpak Bharat , beliu juga bisa bersikap Dewasa untuk menyikapi masyarakatnya yang Notabenenya SDM (sumber daya Manusianya) masih jauh dibanding Kabupaten lain di Indonesia. 

Remigo Yolanda Berutu masuk dalam Golongan bupati Keren nomor Satu di Indonesia da Paling Muda, dan jiwa kepemimpinan muda inilah yang sangat diinginkan oleh masyarakat Pakpak Bharat demi membuat Perubahan di Pakpak Bharat. saya sendiri kagum terhadap beliau . semoga Pak RYB dapat membuat Pakpak lebih dikenal hingga ke Internasional umunya dan Indonesia Khusunya.

Demikian sekilas tentang Gaya Kepemimpinan Bupati Pakpak Bharat. sekian dan Njuah njuah banta Karina . Penulis Zuhri Mhangga.  






0 komentar: