Tuesday 29 October 2013

Percakapan di Warung Kopi Pakpak Indonesia .


Percakapan di Warung Kopi
PakpakIndonesia
singgah ke silih , menum lebbe ? (a)singgah dulu bang , minum dulu
ue lih , lako menum ma mo nikate en (b)ia bang , ini mau minum juga rencana
dikenai ke ndai ?(a)dari mana tadi ???
I medan nai lih (b)dari medan bg
yah nadoh mami , nengmike kin ? (a)yah jauh juga ya, memangnya mau kemana . (a)
imo da lih lako mi boang nikate en . (b)itulah bg ,rencanaya mau ke subulussalam (b)
tapi ceda nola motor nami ndai, isa menulusi kede kopi aku (b)tapi rusak pula mobil kami tadi, makanya mencari kedai kopi aku (a)
yah , kadena ceda lih (a) yah, apanya rusak (b)
oda ma kubettoh silihjelasna . (b)gak tau juga bang apa kerusakannya. (b)
naik motor kade ke pana ndai (a) naik Mobil apa tadi . (a)
Naik HIMPAK silih (b)naik Himpak bang (b)
oh bgi ngo sipata lih, lalap nola Mulus perdalanen I . (a)kadang kadang ngi lah bg, gak selamanya jalan itu mulus. (a)
imoda neng ndor ma janah diri en. (b)itulah, buru buru pulak aku ini. (b)
ohh bagi nola (a)ohh gitu ya. (a)
nai ke marga kade silih, dak crita ma oda simertandan (a)jadi abang marganya apa??? Lalap crita tapi belum saling kenal. (a)
mla aku marga Bintang Lih , ni kene ??? (B)aku marga bintang bintang bang , jadi abang ? (b)
aku marga sitorus ngo lih , Cuma kerna enggo mulai ketek nai isen , ngatin kami bahasa pakpak. (a)aku marga sitorus ngo, Cuma kerna udah mulai kecil disini labih sering kami berbahasa pakpak. (a)
oh baginola , nidokma ndai pakpak situhu (b) oh begitu , kukira tadi pakpak asli (b)
asli tapi palsu silih :) , isekin dahin nene I boang li ??? (a)asli tapi palsu bang, siapa gerangan yang mau dijumpai di subulussalam bg. (a)
merpesta ma abang q I Laikan , oda deng soh boang (b)berpesta abang aku di laikan, blum sampai subulussalam. (b)
isepana Familita I Laikan Silih ? (a)siapa keluarga kita di laikan bang. (a)
Imo si mergelar Zuhri Bintang I . Tandai ke ma ??? (b)itulah yang bernama Zuhri Bintang, kenal bang. (b)
yah ise nola oda kitandai I . Maholi-maholi , gedang mbelgah , kalak na ti . Mla oda salah aku personil mhangga kin ia ti (a)yah siapa pulak gak kenal sma itu, ganteng ganteng orangnya, tinggi besar kan , kalau gak salah personil mhangga dulu dia . (a)
ah kutandai ngi mla ingo , adek si Amri ngi , abang na I Sibande muat berru Berasa .(a)ah kenal kalau itu , adek amri bintang itu, abangnya disibande kawin sama berru berasa (a)
nai bakune per pamilin ndene mi si ??? (a)jadi ngimana jalan berfamilinya kesana (a)
dukak Togaku ngi lih , (b)adek bapak aku dia bang. (b)
berrti ke sitading ikalang I ti , kerna pernah ma ku crita bak bai ndai . (a)jadi kalian tinggal di sidikalang ya. Kerna pernah juga aku cerita sama dya.(a)
imoda Cuma aku mengranto imedan , isa imedan nai aku en (b)ia memang, Cuma aku merantau ke medan, makanya dari medan aku. (b)
kukap mla si mergerar juhri ndai Imedan ma ngi kerja (b)kurasa kalau yang bernama si zuhri tadi dimedan juga dia kerja. (a)
ia lih , ngati ma ngo kami jumpa isadenang , tp ia ngo mulak bari.(b)ia bang, sering juga kami jumpa disana , tapi dia udah pulang kemaren. (b)
ni Kade ma kerjana lih , tah boi ma diri nan ipemasuk kerja , susah nai ngo kuta en lih kerja . (a)jadi apa kerjanya bang. Mana tau bisa aku dimasukkan kerja , susah kali kerja di kampung ini. (a)
mla ia rebak abangna ma ngo . Dukak Papun nami isadenang . (b)kalau dia sama abangnya juga disana, anak Pakcik kami disana (a)
oh Bapak Si Arkemo bintang ti. Pernah ma kami jumpa isen . Rebak bei ia , tp enggo ndekkah .(a)oh, bapak arkemo bintang ya . (a)
nai Sikemo ngo dengana krejo I . (a)jadi si Arkemo kawannya Kerja ya . (a)
oda lih . Si Ilham Bintang . Bagian Pembuaten website kalak I . PT. MEDAN TEKNOLOGI INDONESIA (b)bukan bang , Si Ilham Bintang . Bagian pembuatan Website mereka disana (b)
ahhh oda kuantusi I lih , tah kade bebset bebset dok nene. (a)ahh gak tau aku bang , tah apa pula itu bebset bebset abang bilang. (a)
imo karejona (b)itulah kejanya. (b)
ia teddoh mango diri bna zuhri ndai we. Lalap dak sorana sambing ni begge , kalak na jarang tridah . (a)ia, rindu juga aku sama zuhri itu, terus suaranya aja yang ku dengar , orangnya jarang nampak (a)
imoda, fokus ma kalak I bagendari krejo. (b)irulah, fokus juga sekarang mreka kerja . (b)
nidahari ke mulak lih mi medan (a)jadi kapan pulang ke medan bang. (a)
kuakap baremben ceggen mo lih (b)kurasa besok pagi lah bang (b)
oh kirim salam ma nan we bna zuhri ndai . Tah roh mango diri maremben. (a)oh kirim salam ya bang nati sama zuhri tadi. Mungkin datang juga aku besok.(a)
uwe kupesoh pe nan . (b)ia , kusampaikan pun nanti. (b)
ah tah ngo sidung motor ndai silih , sa nidahi ma le lih . (b)ah kurasa udah siap mobil tadi bang. Biar kudatangin dulu.(b)
kuakap ngo sidung I . Dahikemo (a)kurasa udah juga siap itu, datangin abang lah. (a)
ue lih , perkede sadike kopi nami en . (b)iya bang, Orang Kede , berapa kopi kami ini. (b)
yah ulang pella lih , bli aku sambing , nan tah dahari ke nola (a)yah , gak usah bang, biar aku saja. Kapan kapan aja abang. (a)
yah oda sah bgi, ideng ma kita jumpa .(b)yah , gak bisa gitu , kita kan baru jumpa, (b)
oda kade I lih , sebagai perkenalen ngen (a)gak apa apa bang , sebagai perkenalan ni. (a)
lias ate mo silih (b)terimakasih lah bang. (b)
sama sama lih . Tah dahari nan singgah ma ke . Samping kede en ngo sapota ta (a)sama sama bang . Ntah kapan-kapan nati singgah juga bang, samping kedai ini rumah kita. (b)
ue lih , tah dahari ma nan. (b)ya bang. Ya bang ntah kapan-kapan nanti. (b)
ok lih selamat jalan mo , (a)ok bang , selamat jalan lah (b)
ue lih , tading ke dalih . Berangkat ma men , ndaoh deng janah sidlanen. (b)ya bang. Kutinggal dulu ya bang. Barangkatlah dulu, masih jauh perjalanan. (b)
hanjar-hanjar ke silih . (a)pelan-pelan kalian bang. (b)
hehehe … nan hanjar-hanjar oda soh . (b)heheheh … pelan-pelan gak sampai.(b)
ulang mamo hanjar su . Hehehe (a)

janganlah terlalu pelan . Hehehee (a)



0 komentar: